Rabu, 16 Januari 2013

Tips Cara Mengatasi dan Menghilangkan Stress


       Hi gan, kalian pasti udah tau apa itu stress kan? Nah, stress adalah masalah yg membuat terlalu kita pikirkan. Sehingga ini dapat memberikan sesuatu yang buruk bagi anda, dan dapat berujung pada kematian. Karna itu saya memberikan Tips ini pada kalian, sebelum Tips nya ane jelasin sedikit tentang stress.
Setiap orang memiliki masalah yang berbeda dan punya cara untuk mencari sebuah solusi, meskipun setiap masalah ada jalan keluar namun dalam proses mencari sebuah jawaban kadang-kadang seseorang mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan seperti memikirkan sesuatu yang tak berujung pangkal, munculnya rasa panik yang berlebihan jika masalah blm terselesaikan dan segala macam pikiran dan perasaan yang akhirnya membuat kita stress dan paranoid.
Stres dapat terjadi pada hampir semua tingkatan umur misalnya stress pada anak-anak yang masih belia, remaja, dewasa, setengah baya bahkan hingga orang yang sudah berumurpun dapat mengalaminya dan pada kenyataan stress sudah menjadi masalah utama bagi banyak orang baik di lingkungan pekerjaan karena banyaknya tekanan, tanggung jawab yg harus diterima dan masalah-masalah apapun yang tak seharusnya ataupun stress karena masalah rumah tangga entah itu karena hubungan yang kurang harmonis, masalah belanja rumah atau mungkin masalah dalam mengurusi anak.
Memanfaatkan manajemen stress sebagai cara mengatasi stress
Satu hal yang perlu anda garis bawahi bahwa pada dasarnya ketika anda mengalami stress itu adalah proses pendewasaan diri karena anda sedang menghadapi sebuah tantangan hidup yang harus anda lalui percaya ataupun tidak kedewasaan anda dinilai sejauh mana anda dapat menyelesaikan masalah, yah begitulah dinamika hidup (ha.ha..ha..dinamika hidup ! bisa yah ngomong gitu :p) just say welcome the problem tapi jangan menjadikan dinamika hidup sebagai alasan untuk melakukan hal-hal yang hanya akan menambah masalah bahkan lebih jauh anda menghalalkan segala cara untuk menyelesaikan masalah padahal tanpa disadari anda hanya lari dari permasalah dan tanpa disadari telah melakukan 

cara menghilangkan stress yang salah.
Stress adalah proses pendewasaan diri karena anda sedang menghadapi sebuah tantangan hidup berupa tuntutan, peluang dan masalah hidup tingkat lanjut (next level) yang harus anda lalui,  percaya ataupun tidak kedewasaan anda dinilai sejauh mana anda dapat menyelesaikan masalah dengan baik ~ AL
Jika hidup Anda diliputi perasaan stres maka ada beberapa hal sederhana yang merupakan cara mengatasi stress dan dapat segera anda lakukan,  jangan sampai pengaruh stres menyiksa hidup anda dan menyebabkan frustrasi sehingga mudah marah, cemas, konflik, dan merasa  tertekan untuk itu anda perlu mengontrol pikiran anda dan tak menjadikan masalah menjadi beban pikiran sebagai cara mengatasi stress yang paling mudah.
Nah, yng diatas tadi adlah penjelasan tentang stress dan sekarang kita menuju ke cara mengatasi stress. Baca Cerita ini:

Seorang pasien mengeluh pada dokternya, "bagaimana sih dok cara menghilangkan stress ini? Saya sampai tidak bisa tidur, tidak enak makan, uring-uringan. Anda saja ada cara yang bisa menghilangkan stress dalam semalam, akan saya bayar berapapun harganya." Sang dokter hanya tersenyum, beberapa detik kemudian ia bertanya balik pada pasiennya, "Bapak benar mau menghilangkan stress?"

"Lho, ya jelas dok. Saya serius kok. Saya bosan dengan stress yang membuat hidup saya ini kacau. Berapa dok biayanya? Bagaimana caranya?"

"Gratis. Bapak dengarkan saja cerita saya," kata dokter itu. Dan mengikuti nasehat dokter, pasien pun menyimak cerita dokter dengan seksama.

"Pak, ini ada gelas berisi air. Kira-kira berapa ml air yang ada di dalam gelas ini, coba bapak tebak," kata sang dokter.

"Waduh, kalau pastinya sih saya nggak tahu dok, tetapi mungkin sekitar 150 ml,"
"Baiklah, mungkin saja jawaban bapak benar. Lalu, pertanyaan saya berikutnya, bagaimana bila saya memegang dan mengangkat gelas ini selama 5 menit?"

"Bisa pegal-pegal dong tangan dokter," jawab pasien sambil tertawa.

"Nah, bapak benar lagi. Lalu, bagaimana kalau saya mengangkatnya selama satu jam lamanya?"

"Bisa kram dok tangannya, mana bisa mengangkat terus sejam lamanya?"

"Benar lagi. Lalu, bagaimana kalau gelas ini saya angkat tiga hari tiga malam?"

"Wah, kalau itu sih bisa-bisa dokter pingsan, terlalu lelah, mungkin cedera otot juga,"

"Benar sekali. Lalu, apakah selama saya mengangkat gelas itu, isi dan banyak air itu berubah jumlahnya?"

"Tentu saja tidak dok. Kecuali mungkin dokter mengangkatnya dan berjemur di bawah matahari, air itu mungkin akan menguap sedikit tapi waktunya ya pasti lama," wajah pasien mulai bingung dan dahinya berkerut.

"Lantas, bagaimana agar tangan saya tidak cedera, tidak sampai kram atau pegal-pegal?" tanya dokter lagi.

"Ya jangan diangkat gelasnya, taruh saja dulu di meja."

"Itulah yang saya maksud, Pak. Mungkin 5-10 menit kita memegang gelas tersebut hanya pegal-pegal yang terasa. Tapi jika terlalu lama, tangan jadi capek, bahkan mungkin kram. Dan kalau lebih dari sehari saya memegang gelas tersebut ke atas, bisa-bisa otot tangan saya cedera. Begitu juga dengan masalah-masalah yang ada di dalam hidup kita. Memikirkannya sejenak mungkin akan mengaduk-aduk emosi kita, memikirkannya lebih lama membuat kita jadi sakit kepala dan mulai resah, tetapi kalau setiap kali dipikir dan dicemaskan, bisa bikin Anda tidak bisa tidur, kesehatan menurun, atau uring-uringan. Padahal, dipikirkan sampai larut malampun masalah Anda belum tentu selesai, kan?" tutur sang dokter.

Menghilangkan stress karena problem yang sedang kita alami, kuncinya sebenarnya mudah. Letakkan gelas yang Anda angkat sejenak, jangan selalu diangkat dan dibawa, nanti Anda sendiri yang akan merasa pegal dan lelah. Saat akan tidur, lebih baik fokuskan saja pada tidur, tinggalkan semua problem permasalahan Anda di meja, untuk mungkin keesokan harinya 'diangkat dan dibawa' lagi untuk dipecahkan.

Jika saran/ tips diatas masih belum cukup, anda dapat membaca Tips yang satu ini yang ini:
Perbanyaklah berdzikir dan berdoa, memohonlah kepada-Nya agar diberikan jalan keluar terbaik dari masalah yang kita hadapi. Memintalah kepada-Nya  dengan segala kerendahan hati karena Tuhanlah sebaik-baiknya pemberi jalan keluar
Milikilah pandangan positif terhadap diri anda dan berupaya menahan diri dari pikiran negatif sehingga akan membantu untuk berpikir jernih dan objektif  dalam mengambil keputusan dan bergaullah dengan orang-orang yang berfikir positif
Istirahat yang cukup jangan sampai ada kekurangan tidur karena denga tidur yang cukup akan membantu Anda merasa segar dan menjadi produktif terhadap pekerjaan Anda dan tanggung jawab. Ini akan membantu membersihkan pikiran dan objektif  dalam menganalisa sebuah masalah.
Cobalah untuk relaksasi dengan melakukan hobby anda seperti mendengar musik, menonton film, membaca, melukis, bercanda dengan teman-teman dan apapun yang dapat membantu menenangkan anda dan memberi suasana hati yang kondusif.
Cobalah untuk berbagi pemikiran dengan orang-orang yang anda percayai (curhat gitu lho) yang netral dalam melihat permasalahan sehingga anda dapat mendapatkan saran, nasehat yang orisinil tanpa tanpa dipengaruhi ego dan kepentingan
Rendah hatilah dan jujurlah pada diri anda sendiri agar anda dapat dengan mudah melihat kesalahan yang telah anda lakukan sehingga dapat mengevaluasi diri untuk mengambil langkah yang lebih baik dari sebelumnya.
Jika anda terpaksa berada dalam kondisi yang dapat membuat anda emosi dan marah sebaiknya anda diam, mengatur nafas daripada anda berbicara dalam keadaan emosi. Ingat .. Kondisi emosi akan membuat lidah bergerak lebih cepat dari otak sehingga memungkinkan anda berbicara diluar kontrol dan menambah masalah-masalah baru disekitar anda yang pada akhirnya akan menambah beban stress anda.
Nih yang terakhir dan paling mudah bikin hidupmu lebih hidup tanpa harus mengganggu kehidupan orang lain apalagi sampai merugikan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar